Fungsi Menu dan Ikon pada Microsoft Word 2007 - Kemarin baru saja kami bahas materi tentang kegunaaan program
pengolah kata microsoft word. Nah kali ini Sakersomu akan menjelaskan lebih lanjut tentang fungsi-fungsi menu dan ikon yang ada pada Microsoft Word 2007. Selengkapnya bisa Anda baca artikel di bawah ini.
Secara umum, sebagian besar fungsi menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Word 2007 sama dengan program Microsoft Word 2003. Namun, posisi dan tampilan menu serta ikon yang ada di Microsoft Word 2007 jauh berbeda dengan program aplikasi Microsoft Word sebelumnya. Pada materi berikut, Anda akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang fungsi-fungsi menu dan ikon yang terdapat pada program Microsoft Word 2007.
1. Tab Menu
Seperti yang telah dijelaskan pada materi sebelumnya, tab menu standar pada program aplikasi Microsoft Word 2007 ada tujuh macam. Fungsi dari masing-masing tab menu diuraikan dalam materi berikut.
a. Tab Home
Sub-submenu pada tab home umumnya merupakan ikon-ikon standar yang biasa digunakan untuk mengolah naskah dalam Microsoft Word. Fungsi dari masing-masing submenu pada tab home dijelaskan dalam uraian sebagai berikut.
1) Submenu Clipboard
Submenu Clipboard digunakan untuk menampung sementara filefile hasil copy, hasil pemotongan, serta format painter. Selain itu, submenu ini digunakan untuk menampilkan kembali hasil proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan.
2) Submenu Font
Submenu Font berisi ikon-ikon untuk fungsi pengaturan model/jenis huruf, ukuran huruf, menebalkan huruf, mencetak huruf miring, membuat huruf turun, naik setengah karakter, menghapus huruf, memberi warna huruf, memberi background huruf, dan membuat huruf menjadi besar atau kecil satu karakter.
3) Submenu Paragraph
Kegunaan submenu Paragraph adalah untuk pengaturan dan pemberian bullet and numbering, pengaturan outline number, melakukan decrease dan increase indentasi paragraf, perataan teks atau Allignment (yang terdiri dari align left, right, dan justify), pengaturan jarak baris (spasi), pemberian color (fill color), pemberian bingkai (border), dan pengurutan data (sort).
4) Submenu Style
Submenu Style digunakan untuk mengatur penampilan teks (di antaranya dengan pilihan normal, tidak berspasi, serta heading).
5) Submenu Editing
Submenu Editing digunakan untuk proses pengeditan teks.
b. Tab Insert
Fungsi dari masing-masing submenu pada tab insert dijelaskan dalam uraian sebagai berikut.
1) Submenu Page
Submenu Page digunakan untuk untuk pembuatan halaman cover, membuat atau membuka dokumen yang masih kosong dan membuat penggalan halaman.
2) Submenu Tabel
Submenu Insert Tabel digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan tabel ke dalam lembar kerja Word.
3) Submenu Ilustrations
Submenu Ilustrations digunakan untuk memudahkan kalian dalam mendesain lembar kerja dengan cara menambahkan gambar, Clip Art, Shapes (gambar-gambar sederhana yang ditampilkan Word 2007), dan menyisipkan grafik.
4) Submenu Link
Apabila kalian menginginkan untuk dapat menghubungkan file ke file yang lain, maka pilihan Link ini akan membantu dan mempermudah kalian menghubungkan ke file lain termasuk ke internet.
5) Submenu Header and Footer
Insert Header and Footer digunakan untuk menyisipkan teks pada header dan footer sebuah dokumen serta pemberian nomor halaman.
6) Submenu Text
Insert Text digunakan untuk membuat Text Box, membuat WordArt (huruf indah), serta pembuatan Drop Cap (huruf menjadi lebih besar di awal paragraf).
7) Submenu Symbol
Insert Symbol digunakan untuk membuat/memasukkan rumus serta simbol-simbol ke dalam teks.
c. Tab Page Layout
Fungsi dari masing-masing submenu pada tab Page Layout dijelaskan dalam uraian sebagai berikut.
1) Themes
Themes digunakan untuk pengaturan huruf dengan format sesuai keinginan (misalnya heading, normal, dan lain-lain).
2) Page Setup
Page Setup digunakan untuk pengaturan margin (batas tepi kertas),
paper size (ukuran kertas), dan pembuatan kolom teks.
3) Page Background
Page Background digunakan untuk memformat halaman menjadi berwarna,
watermark, dan pembuatan bingkai halaman kertas.
4) Paragraph
Pada submenu Paragraph ini kalian dapat mengatur seberapa besar
indentasi (menjorok) serta membuat spasi antarbaris teks kalian.
5) Arrange
Arrange digunakan untuk mengatur tata letak/posisi teks di dalam halaman, seperti diletakkan di depan atau di belakang gambar.
d. Tab References
Tab ini digunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi.
e. Tab Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label.
f. Tab Review
Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen.
g. Tab View
Tab View digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada
layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada
lembar kerja.
2. Office Button Menu
Office Button menu merupakan perintah utama dalam Microsoft Word 2007. Kegunaan dari Office Button menu adalah untuk mengakses perintah standar Windows. Letak ikon kontrol menu terdapat pada pojok kiri atas jendela Microsoft Word 2007.
Pada Microsoft Word 2003 ikon kontrol digunakan untuk mengubah ukuran Windows, mengubah posisi jendela, menutup jendela, dan lain-lain, namun pada Microsoft Word 2007 Office Button menu digunakan untuk mengakses menu-menu utama.
Fungsi sub-subtab Office Button menu Microsoft Word 2007
New
Untuk menampilkan dokumen kosong sebagai tempat pengetikan dokumen baru.
Open
Untuk membuka dokumen Microsoft Word 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk, disket, atau media simpan lain.
Save
Menyimpan file yang sudah memiliki nama.
Save As
Menyimpan file yang baru atau belum memiliki nama.
Fungsi menu dan submenu tambahan pada Office Button menu antara lain sebagai berikut.
a. Save As
Tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah Save. Perintah Save As sudah dilengkapi dengan fasilitas arah panah kekanan yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.
Dari tampilan di atas tombol Save As Apabila diklik menunjukkan pilihan-pilihan perintah sebagai berikut.
1) Word Document, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dari Microsoft Word 2007.
2) Word Template, adalah perintah untuk menyimpan dokumen sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk memformat dokumen-dokumen berikutnya.
3) Word 97-2003, yaitu perintah untuk menyimpan dokumen dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Ms. Word 1997 hingga 2003.
4) Find add-ins for other file format, digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
5) Other Formats, perintah ini digunakan untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa memilih untuk menyimpan dokumen ke tipe file tertentu.
b. Print
Print adalah perintah untuk memungkinkan pencetakan dokumen. Untuk mencetak sebuah dokumen, kita harus memilih dahulu jenis printer yang sesuai dengan perangkat printer yang telah diinstal pada komputer. Tombol Print ini memiliki 3 (tiga) pilihan perintah sebagai berikut.
1) Print, adalah perintah yang dapat digunakan untuk memilih jenis printer dan menentukan jumlah copy cetakan.
2) Quick Print, adalah perintah untuk mengirimkan dokumen secara langsung pada default dan pencetakan tanpa dilakukan perubahan terhadap default pencetakan yang telah ada.
3) Print Preview, adalah perintah untuk menampilkan atau melakukan pengaturan halaman dokumen sebelum dilakukan pencetakan.
c. Prepare
Prepare adalah perintah untuk penyiapan dokumen sebelum didistribusikan. Perintah menu apabila diklik pada tombol ini, maka akan muncul perintah-perintah seperti tampak pada gambar berikut.
1) Properties, digunakan untuk melihat dan mengedit dokumen, seperti judul, kata kunci, dan sebagainya.
2) Inspect Document, untuk mengecek dokumen dari metadata tersembunyi atau informasi pribadi.
3) Enscrypt Document, untuk meningkatkan tingkat keamanan dokumen dengan menambahkan enkripsi untuk memproteksi dokumen dengan password atau kata kunci.
4) Restrict Perrmision, mengijinkan orang tertentu mengakses dokumen untuk pengeditan, mengkopi, atau mencetak.
5) Add a Digital Signature, untuk kepentingan mematenkan dokumen dengan menambahkan tanda digital.
6) Mark as Final adalah perintah untuk membiarkan pembaca bahwa dokumen telah selesai dan membuatnya sebagai dokumen read only yang tidak dapat diedit lagi.
7) Run Compatibility Checker, untuk mengecek fitur atau tampilan yang tidak didukung oleh versi-versi awal dari Microsoft Word.
8) Send, adalah fasilitas yang memungkinkan dokumen dikirim ke pihak lain baik melalui e-mail ataupun menggunakan layanan Fax internet.
d. Publish
Publish adalah perintah yang digunakan untuk menyebarkan dokumen ke orang lain. Tombol ini apabila diklik akan muncul pilihan perintah sebagai berikut.
1) Blog digunakan untuk membuat dokumen menjadi versi blog baru yang siap disebarkan ke orang lain secara online.
2) Document Manangement Server, digunakan untuk berbagi dokumen dengan cara menyimpannya di server (penyedia layanan data).
3) Create Document Workspace, digunakan untuk membuat situs baru untuk dokumen dan tetap sinkron dengan copy lokalnya.
e. Close
Submenu Close digunakan untuk menutup dokumen.
f. Word Option
Submenu Word Option digunakan untuk memunculkan pilihan dalam mengerjakan dokumen. Jika tombol Word Option diklik, maka akan muncul kotak dialog Word Option berikut ini.
g. Exit Word
Submenu Exit Word digunakan untuk keluar dari lembar kerja.
Itulah yang dapat kami bahas seputar Fungsi Menu dan Ikon pada Microsoft Word 2007, semoga bermanfaat.
Belum ada tanggapan untuk "Fungsi Menu dan Ikon pada Microsoft Word 2007"
Posting Komentar