Beranda

Membiasakan Perilaku Tertib Berlalu Lintas

Membiasakan Perilaku Tertib Berlalu Lintas - Memang di kehidupan masyarakat, khususnya di jalan raya, budaya tertib berlalu lintas itu sangat diperlukan, dengan tujuan untuk mengurangi angka kecelakaan yang tinggi, mengurangi kemacetan dan masih banyak lagi tujuan tertib berlalu lintas di jalan raya. Nah kali ini admin akan membahas materi tentang bagaimana sih cara membiasakan diri untuk tertib dalam berlalu lintas? Kalian bisa melihat materi secara lengkap di bawah ini


Tertib dalam lalu lintas bukan hanya kewajiban masyarakat perkotaan. Di pedesaan atau di jalan raya yang tidak banyak kendaraan bermotor pun tertib berlalu lintas harus dijalankan. Peraturan Lalu Lintas diatur dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009. Pengendara kendaraan bermotor tentunya harus memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Siswa SMP tidak dapat memiliki SIM, karena untuk memiliki SIM minimal berusia 17 tahun.

Membiasakan Perilaku Tertib Berlalu Lintas


Laporan lalu lintas setiap tahun selalu mencatat kecelakaan lalu lintas di Indonesia sangat tinggi. Anak-anak usia sekolah di Indonesia ribuan orang celaka dan meninggal akibat melanggar aturan mengendarai kendaraan bermotor. Data kecelakaan lalu lintas tersebut seharusnya menyadarkan kita semua bahwa pelajar SMP dilarang mengendarai kendaraan bermotor karena merupakan pelanggaran dan mengundang terjadinya kecelakaan.

Dalam masyarakat perkotaan, kemacetan adalah suatu hal biasa dan mudah ditemukan setiap hari. Kemacetan meningkatkan kejenuhan pengguna jalan, membuat kesabaran pengguna jalan menjadi hilang, banyak yang melanggar peraturan lalu lintas, menyerobot jalan orang lain, dan mengambil jalur terlarang demi ingin mencapai tempat tujuan dengan cepat. Tingkat kecelakaan pun semakin bertambah jika kita berkendara dengan ugal-ugalan atau saling serobot jalan orang lain.

Kedisiplinan dan kesabaran merupakan hal yang harus dimiliki dalam diri pengguna jalan. Sebagai warga pengguna jalan kita tidak perlu ikut-ikutan untuk saling menyerobot jalan orang lain dan bersikap ugal-ugalan dijalan, karena itu akan semakin menambah parah kemacetan. Tumbuhkanlah kembali kesabaran pada diri sendiri karena jika kita tertib berlalu lintas maka kemacetan pun akan sedikit berkurang dengan kesabaran yang kita miliki maka jumlah kecelakaan pun akan semakin berkurang. Kesabaran yang kita miliki akan menurunkan resiko kecelakaan.

Itulah pembahasan saat ini tentang membiasakan perilaku tertib berlalu lintas. Mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan kalian tentang pentingnya tertib berlalu lintas.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Membiasakan Perilaku Tertib Berlalu Lintas"

Posting Komentar